Xiaomi Poco X3 NFC

Xiaomi Poco X3 secara resmi dirilis di Indonesia pada pertengahan bulan oktober 2020. Ponsel ini digadang-gadang akan mengobrak-abrik pasar ponsel di kelas menengah. Pasalnya ponsel ini hadir membawa spesifikasi tinggi namun dibanderol dengan harga yang relatif murah, tak heran ponsel ini mendapat pujian dari bayak reviewer ponsel di tanah air.

Ponsel ini hadir dengan dua varian yakni RAM 6 GB / 128 GB yang dibanderol dengan harga 3,2 jutaan dan varian kedua yakni RAM 8 GB / 128 GB yang dubanderol dengan harga 3.5 jutaan. Apakah dengan harga tersebut ponsel ini patut untuk Anda miliki? Yuk simak ulasan dari kami berikut ini

Review Xiaomi Poco X3 NFC

Spesifikasi

HargaRp. 3.200.000 (6 GB + 128 GB)
Rp. 3.500.000 (8 GB + 128 GB)
DesainDimensi: 165.3 x 76.8 x 9.4 mm
Berat: 215 Gram
Material: Plastik
Warna: Cobalt Blue, Shadow Gray
LayarTipe: IPS LCD
Ukuran: 6.67 inci
Resolusi: 1080 x 2400 FHD+
Kedalaman Warna: 16 juta warna
Kerapatan Pixel: 395 ppi
Proteksi: Corning Gorilla Glass 5
HardwareChipset: Snapdragon 732G
CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
GPU: Adreno 618
RAM: 6 GB, 8 GB
Memori Internal: 128 GB
Memori Eksternal: microSD (hingga 128 GB)
SoftwareSistem Operasi: Android 10
Antarmuka: MIUI 12
Kamera 
Belakang
Resolusi: 64MP (wide) + 13 MP (ultrawide) + 2 MP (macro) + 2 MP (depth)
Fitur: LED flash, HDR, panorama
Video: 4K@30fps, 1080p@30/120fps, 720p@960fps; gyro-EIS
Kamera DepanResolusi: 20 MP
Fitur: HDR, panorama
Video: 1080p@30fps
BateraiKapasitas: Li-Po 5160 mAh
Pengisian: Fast charging 33W
Slot Kartu3 slot kartu (nano-SIM + nano-SIM + microSD)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.0, NFC, USB On-The-Go, GPS
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Sistem Operasi

Poco X3 hadir dengan sistem operasi Android terbaru yakni Android 10 dengan balutan MIUI 12. Dengan hadirnya MIUI 12 tentu ponsel ini akan lebih menawan pasalnya MIUI menawarkan tampilan / user interface yang menarik.

Desain

Poco X3 NFC hadir dengan desain yang bisa dibilang unik , pada bagian belakang terdapat 4 kamera dengan satu LED flash, bentuk kamera bisa dibilang anti-mainsteam dengan tonjolan/bump yang lumayan tebal. Pada bagian belakang juga terdapat tulisan “POCO” yang cukup besar yang menurut kami mengurangi kesan elegan dari desain ponsel ini, tentu semaua kembali pada selera masing-masing.

Pada bagian depan terdapat layar besar dengan ukuran 6.67 inci dan juga terdapat kamera selfie pada bagian tengah atas berada di dalam layar. Sedangkan pada bagian kanan frame terdapat tombol power yang juga merangkap sebagai sensor finger print, terdapat juga tombol volume.

Pada bagian atas frame terdapat lubang mic dan juga infrared blaster, pada bagian kirim frame terdapat SIM Tray yang mampu menampung 3 slot. Sementara pada bagian bawah frame dapat kita temui lubang speaker, lubang mic, lubang headset 3.5mm dan juga port USB-C.

Layar

Poco X3 NFC menggunakan layar dengan panel IPS serta memiliki ukuran yang lumayan luas yakni 6.67 inci dengan rasio 20:9. Resolusi pada layar ini yakni 1080 x 2400 pixels dengan kerapatan 395 ppi. Bagian menarik yang membuat layar ponsel ini refresh rate yang diberikan oleh Xiaomi yakni 120Hz.

Tentu untuk saat ini tidak ada ponsel lain di harga 3 jutaan yang memiliki layar dengan refresh rate 120Hz. Selain itu layar pada ponsel ini juga sudah mendukung fitur HDR 10 dan juga memiliki kecerahan hingga 450 nits.

Proteksi yang diberikan juga bisa dibilang mumpuni pasalnya layar ponsel ini telah dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Hardware

Hardware merupakan bagian paling mengesankan dari ponsel ini, pasalnya sangat jarang ditemukan ponsel di harga menengah yang memiliki spesifiki hardware seperti yang dimiliki oleh Poco X3 NFC.

Poco X3 NFC menggunakan chipset Snapdragon 732G (8 nm) dengan CPU Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver) dan juga GPU Adreno 618. Untuk RAM terdapat dua pilihan yakni 6 GB dan 8 GB

Menyinggung mengenai chipset yang digunakan pada ponsel ini, Snapdragon 732G merupakan chipset terbaru buatan Qualcomm, chipset ini merupakan chipset yang memiliki performa yang baik untuk menjalankan game, bahkan game berat seperti Genshin Impact mampu dijalankan dengan lancar.

Baterai

Poco X3 NFC menggunakan baterai berkapasitas 5160 mAh, bagian baterai pada ponsel ini juga menjadi bagian yang diunggulkan, selain dari kapasitas baterai yang besar yang mampu bertahan seharian, ternyata terdapat fitur pengisian cepat / fast charging hingga 33W.

Dengan dukungan fitur fast charging 33W tentu saja pengisian baterai akan lebiha cepat, benar saja untuk mengisi baterai dari 0%-60% hanya dibutuhkan waktu setengah jam dan untuk mengisi dari 0%-100% hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih sedikit.

Kamera

Slot Kartu

Poco X3 NFC memberikan 3 slot kartu yang mana 2 slot untuk SIM Card dan 1 slou untuk memori ekternal yang mampu menampung hingga 512GB. Dengan tersedianya slot untuk memori pada ponsel ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang menginginkan kapasitas memori tambahan.

Keamanan

Poco X3 NFC menyediakan dua opsi keamanan yang pertama adalah dengan menggunakan figerprint scanner dan yang kedua menggukan face unlock,

Letak finger print berada berada di samping frame bergabung dengan tombol power. Tentu dengan desain tersebut akan memudahkan Anda untuk membuka kunci, selain karena letaknya yang mudah dijangkau jari tingkat akurasi juga dibilang cepat. Namun yang disayangkan adalah finishing yang terasa kasar pada tombol power.

Performa

Bagian yang paling diutamakan pada ponsel ini adalah pada performa yang berikan, seperti yang telah kami singgung di atas bahwa chipset yang digunakan pada ponsel ini adalah Snapdragon 732G tentu performa akan sangat mengesankan.

Benar saja, pada pengujian menggunakan aplikasi Antutu Benchmark v8 ponsel ini mampu memperoleh nilai di angka 280 ribuan, pengujain menggunakan aplikasi Geekbench v5 performa di single core 570 dan multi-core di angka 1825. Tentu dengan hasil di atas ponsel ini sangat mampu menjalankan game-game kekinian.

Untuk menjalankan game berat seperti Genshin Impact Poco X3 NFC ini mampu mendapatkan setingan grafis medium dengan frame rate 30 fps tanpa ada kendala frame drop. Menariknya lagi, untuk menjalankan game ini suhu body ponsel ini tidak begitu panas seperti ponsel kebanyakan, hal tersebut bisa diatasi karena ponsel ini telah dilengkapi sistem pendingin LiquidCool 1.0 Plus.

Kesimpulan

Menurut kami Poco X3 NFC merupakan salah satu ponsel yang sangat tepat untuk Anda miliki, jika Anda menginginkan ponsel dengan performa gaming yang mumpuni. Pasalnya diharga 3 jutaan sangat jarang kita temui ponsel yang mampu melibas game game berat.

Tinggalkan komentar