Kelebihan Windows 10
Komputer

9 Kelebihan Windows 10 Dibanding Versi Sebelumnya

Apa itu Windows 10?

Windows 10 adalah sistem operasi komputer atau PC yang dikembangkan oleh pengembang Microsoft yang kini sudah memasuki generasi ke-10. Windows 10 dirilis pada Juli 2015 dan menjadi versi Windows terkini yang tersedia di pasaran.

Perkembangan Windows

Windows pertama kali diluncurkan pada 1985 dari sebuah program yang bernama MS-DOS. Windows generasi 1.0, 2.0 dan 3.0 adalah sebuah tampilan grafis sederhana berupa GUI. Perkenbangan selanjutnya terjadi dengan rilisnya Windows 95 dan Windows 98.

Windows 95 dan 98 adalah generasi awal yang berpadu dengan booming-nya Komputer secara internet di akhir 90-an dan awal 2000-an. Kesuksesan diraih Windows saat rilisnya Windows 2000 yang juga menjadi salah satu andil dalam perkembangan komputer.

Pada versi-versi selanjutnya, ada Windows ME, yang tak begitu sukses, Windows XP, sangat sukses kembali sepert Windows 2000. Lalu ada Windows Vista, yang hampir sama nasibnya seperti Windows ME. Kemudian berturut-turt muncul Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

9 Kelebihan Windows 10

Sebagai versi terkini, tentu kelebihan Windows 10 dibanding dengan pendahulunya sangat banyak, di antaranya:

Kompatibilitas

Kompatibilitas menjadi kelebihan Windows 10 yang pertama dibanding Windows versi sebelum-sebelumnya.

Windows 10 hadir untuk bisa dijalankan di berbagai macam perangkat, tidak hanya PC atau laptop saja, melainkan juga di smartphone dan tablet. Aplikasi-aplikasi yang ada di Windows 10 juga bisa dijalankan di berbai perangkat tersebut.

Fitur Cortana

Kelebihan kedua yang dimiliki Windlows 10 adalah adanya fitur Cortana, yaitu sebuah fitur asisten digital kepada pengguna yang memberikan pertanyaan dan diperintah melalui suara.

Beberapa hal yang bisa dilakukan Cortana antara lain pengingat waktu, melakukan perintah pengiriman email, mengecek jadwal penerbangan dan mencari berbagai file yang ada di PC atau laptop Anda.

Baca Juga: Cara MerubahTampilan Windows

Perbaikan Tombol Start Menu

Tombol Start Menu sempat tidak digunakan pada Windows 8, kini kembali hadir di Windows 10. Banyak pengguna merasa bingung dan memberikan kritik atas hilangnya tombol start menu ini di Windows 8.

Di Windows 10 ini, letaknya kembali di pojok kiri bawah dengan desain lebih kekinian, serta penggunaannya lebih mudah seperti yang ada di Windows 7.

Upgrade Gratis

Windows Upgrade

Terobosan baru dilakukan oleh Windows yang memberikan upgrade gratis bagi para pengguna yang memiliki Windows 7 atau 8 berlisensi, yang ingin mengupdgrade PC atau laptopnya ke Windows 10.

Anda hanya perlu masuk ke halaman internet Windows 10 Free Upgrade, kemudian ikuti langkah-langkah yang harus dilakukan.

Micorosoft Edge

Microsoft Edge

Satu pembaruan lagi yang ada di Windows 10 yaitu hadirnya Micorosoft Edge yakni sebuah browser yang akan digunakan di semua perangkat Windows 10.

Bila pada versi sebelumnya, browser bawaan selalu ada Internet Explorer, maka Micorosoft Edge adalah penggantinya saat ini. Micorosft Edge digadang-gadang akan menjadi web browser yang cepat dan ringan.

Virtual Desktop

Kelebihan lain Windows 10 adalah munculnya teknologi Virtual Desktop. Teknologi ini memungkinkan pengguna bisa membuat lebih dari satu layar dektop untuk kegunaan masing-masing.

Anda bisa mengatur isi desktop dengan sendiri untuk kemudian berpindah antar layar. Keunggulan teknologi Vurtual Desktop ini belum ada di Sistem Operasi lainnya.

Fitur Antarmuka Baru yang Bisa Menampilkan Beberapa Aplikasi dalam Satu Layar

Masih serupa dengan poin di atas, ada pula sebuah fitur antarmuka baru yang diperkenalkan di Windows 10 untuk bisa menampilkan beberapa aplikasi dalam satu layar.

Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain tanpa keluar atau mematikan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Menghapus Cache Windows

Game Mode Setara Game Booster

Game mode windows 10

Game mode dirancang secara khusus bagi pengguna yang menyukai game untuk dijalankan di PC atau laptop.

Fitur Game Mode di Windows 10 ini setara dengan Game Booster yang anda install untuk mempercepat kinerja Game yang dimainkan di PC atau laptop. Saat memakai fitur Game Mode, aktivitas Game akan menjadi prioritas kinerja PC.

Windows Store

Windows Store

Kelebihan selanjutnya pada Windows 10 yakni adanya Windows Store, sebuah tempat untuk berbelanja bagi para pengguna Windows 10 untuk mendapatkan aplikasi, tema, game, musik, film yang kompatibel di berbagai perangkat.

Fungsi ini sama dengan halnya Google Play Store di Android dan App Store di iPhone.

Continuum

Terakhir yang menjadi kelebihan Windows 10 adalah fitur Continuum. Fitur ini membuat Smartphone yang memakai Windows 10 sebagai sistem operasinya, serasa seperti PC atau laptop.

Cara menggunakan Continuum yaknidengan mentambungkan layar eksternal, mouse, dan keyboard ke smartphone yang Anda pakai. Akan tetapi tidak semua smartphone dapat dilengkapi fitur Continuum ini.

Hanya smartphone yang punya spesifikasi minimal berikut ini saja yang bisa merasakan fitur Continuum: Resolusi layar minimal 720p, RAM 2GB, Penyimpanan Internal 8 GB, Bluetooth 4.0 dan WiFi 802.11n.

Ahmad Fahmi

Ahmad Fahmi sudah mulai menulis di blog sejak 2016. Alumni Wearnes Education Center Jurusan Informatika. Memiliki minat di dunia Teknologi sejak SMA khususnya pada Komputer, Windows, Android dan yang berkaitan dengan Internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *