Cara Menghemat Baterai Android

Salah satu kendala yang sering dialami pengguna smartphone Android adalah ketahanan baterai yang tidak bisa lama. Sebenarnya sudah banyak smartphone Android keluaran terbaru yang memiliki kapasitas baterai yang besar yang mampu menemani aktifitas pengguna seharian.

Namun tidak semua produsen smartphone melakukan hal yang sama, oleh sebab itu Anda perlu bantuan powerbank atau membawa charger untuk antisipasi kehabisan baterai.

Cara Mudah Menghemat Baterai di Android

Nah ternyata ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghemat baterai Android Anda agar mampu bertahan lebih lama.

Berikut beberapa cara menghemat baterai Android yang dapat Anda lakukan:

1. Nyalakan Baterai Adaptif

Buka Pengaturan > Baterai > Baterai Adaptif dan geser sakelar untuk mengaktifkan Baterai Adaptif. Fitur yang diperkenalkan Android Pie ini mencegah aplikasi apa pun yang tidak sering Anda gunakan untuk menghabiskan daya berlebih di latar belakang. Tepat di bawah opsi ini adalah daftar Aplikasi Terbatas, yang akan kosong secara default.

Anda tidak bisa hanya memasukkan aplikasi apa pun yang Anda pilih dalam daftar ini melainkan, Adaptive Battery memonitor aplikasi yang berjalan di latar belakang dan jika ada yang menggunakan energi berlebih, Anda akan melihat pemberitahuan yang memperingatkan Anda tentang perilaku mereka dan menawarkan untuk menambahkan aplikasi ke daftar ini.

Baca Juga: Aplikasi Edit Lagu Android

2. Hentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Anda dapat terus memeriksa aplikasi apa yang berjalan di latar belakang dan mematikan semua aplikasi yang tidak perlu ada di menu multitasking. Di Android Pie cukup geser ke atas dari bawah layar untuk mengakses ini pada versi Android yang lebih lama Anda akan melihat tombol khusus di satu sisi tombol beranda.

Harap perhatikan bahwa menutup paksa aplikasi hanya benar-benar membantu jika Anda tidak akan meluncurkannya kembali beberapa saat kemudian, karena itu menggunakan lebih banyak kekuatan untuk membuka kembali aplikasi itu daripada menyimpannya dengan mematikan proses latar belakangnya.

3. Cegah Aplikasi Berjalan Saat Startup

Kemampuan untuk memilih aplikasi mana yang mulai ketika Anda pertama kali menghidupkan telepon Anda belum merupakan fitur bawaan Android, tetapi ditemukan di banyak versi khusus dari sistem operasi seperti MIUI. Pada Mi 9, misalnya, buka Pengaturan dan pilih Izin di bawah Pengaturan Aplikasi. Ketuk Autostart, lalu periksa aplikasi mana pada daftar yang sebenarnya ingin Anda jalankan di latar belakang.

Anda dapat mempertimbangkan berbagai kemungkinan dalam hal ini. Misalnya, aplikasi seperti Ring Bel tidak akan memberi Anda pemberitahuan ketika seseorang ada di depan pintu jika Anda tidak mengizinkannya berjalan di latar belakang.

4. Nyalakan Tampilan Selalu Aktif

Anda akan menemukan Pandangan sekilas di Pengaturan > Tampilan > Tingkat Lanjut > Pandangan sekilas > Durasi tampilan sekilas. Sangat direkomendasikan untuk pengaturan fitur ini agar Selalu aktif.

5. Kurangi Kecerahan Layar dan Matikan Adaptive Brightness

Cara menghemat baterai Android berikutnya adalah dengan mengurangi kecerahan. Anda dapat mengurangi kecerahan layar di Pengaturan > Tampilan > Tingkat kecerahan, lalu gerakkan slider ke tingkat yang lebih nyaman. Anda juga akan sering menemukan slider kecerahan di bilah notifikasi pull-down ponsel.

Saat Anda berada di menu ini, nonaktifkan juga kecerahan Adaptive. Anda mungkin berpikir fitur ini akan membantu masa pakai baterai dengan meningkatkan kecerahan layar hanya bila diperlukan, tetapi mudah tertipu oleh pencahayaan dalam ruangan dan, terlebih lagi, menghilangkan semua kendali dari tangan Anda.

6. Kurangi Waktu Tidur Sleepout

Setiap kali Anda membangunkan layar, layar akan tetap aktif untuk jangka waktu yang telah ditentukan, bahkan setelah Anda menyelesaikan apa pun yang ingin Anda lakukan. Anda dapat menyesuaikan jangka waktu ini, dan semakin pendek Anda membuat batas waktu layar semakin sedikit daya baterai. Temukan opsi ini di Pengaturan> Tampilan> Lanjutan> Tidur. Yang terpendek yang dapat Anda atur adalah 15 detik.

7. Kurangi Resolusi Layar

Tidak semua ponsel memungkinkan Anda untuk menyesuaikan resolusi layar, tetapi flagships Samsung terkenal karena mereka dilengkapi dengan tampilan Quad-HD+ dan sebenarnya default ke Full-HD+. Ini untuk mengurangi daya baterai, dengan lebih sedikit daya yang dibutuhkan untuk mendorong semua piksel tersebut. Anda bahkan dapat turun ke HD+.

8. Aktifkan Mode Gelap

Anda dapat memilih wallpaper dengan hati-hati, dengan desain gelap yang membutuhkan daya lebih sedikit untuk menerangi piksel tersebut, dan dengan mengaktifkan mode Gelap di semua aplikasi. yang mendukungnya. YouTube dan Slack adalah dua contohnya, tetapi ini menjadi semakin umum, mengurangi ketegangan mata dan baterai Anda dengan membalikkan warna layar.

Banyak ponsel yang menjalankan versi kustom Android sudah mendukung fitur ini, termasuk handset Samsung dan Mi 9. Xiaomi terbaru. Periksa pengaturan tampilan untuk melihat apakah opsi seperti itu tersedia untuk Anda.

Baca Juga: Daftar Keyboad Terbaik Android

9. Nonaktifkan Widget

Widget dapat berguna untuk menarik data yang terus diperbarui dari aplikasi favorit Anda langsung di layar beranda, tetapi semua pemeriksaan yang konstan itu adalah sumber lain dari pengurasan baterai. Simpan yang Anda cintai, tetapi simpan yang tidak Anda butuhkan dengan mengetuk dan menahannya, lalu seret ke ikon Hapus di bagian atas layar.

10. Kurangi Volume

Cara menghembat baterai Android yang terakhir adalah dengan mengurangi volume. Logikanya, semakin keras telepon Anda berdering atau memutar audio, semakin cepat baterainya akan habis. Anda dapat mengecilkan volume dengan tombol volume fisik, atau dengan masuk ke Pengaturan> Suara dan menyesuaikan berbagai penggeser untuk volume Media, Volume panggilan, Volume dering dan Volume alarm.

Satu pemikiran pada “Cara Menghemat Baterai Android”

Tinggalkan komentar