Cara Menghapus Cache Windows

Apa itu Cache?

Cache adalah kumpulan data sementara yang terkumpul untuk digunakan kembali oleh system. Cache berguna membantu kinerja PC, namun jika terlalu banyak juga dapat memperlambatnya. Oleh karena itu jika sudah menumpuk sebaiknya Anda juga menghapusnya.

Penggunaan PC atau laptop semakin sering dan dari ke hari membuat cache yang menumpuk akan semakin banyak. Itu dikarenakan banyak software maupun kegiatan kita yang menggunakan PC menimbulkan banyaknya data sementara yang terkumpul di cache.

Jika sudah menumpuk, kinerja laptop atau PC bisa melambat karena media penyimpanannya terisi sehingga tidak luang lagi.

Jenis Cache di Windows

Windows memiliki banyak cache di antaranya adalah:

  • Windows 10 Update Cache, Cache yang diperlukan Windows untuk mendaftar ulang update
  • Windows Store Cache. Adalah cache yang tetringgal ssat Anda mengunduh aplikasi dari Windows Store yang merupakan fitur baru di Windows 10.
  • Temp Files Cache. Cache yang dihasikan dalam menjalankan berbagai aplikasi terkumpul dalam satu driektori sistem yang bernama Temp Files Cache. Di bawah nanti akan dijelaskan bagaimana menghapus Temp Files Cache yang ada di Windows
  • Thumbnail Cache. Saat Anda membuka sebuah file di Explorer, maka akan muncul thumbnail atau preview gambar yang ditampilkan sebelum dibuka atau dijalankan. Nah dari proses preview thumbnail tersebut, juga banyak muncul Thumbnail Cache yang akan memenuhi penyimpanan.
  • System Restore Cache. System Restore merupakan fitur yang berguna untuk mengembalikan sistem ke pengaturan yang semula. Namun ia juga menghasilkan cache yang besar karena berhubungan dengan pengaturan untuk pemu;ihan sistem.
  • Web Browser Cache, yaitu Cache yang tersimpan saat Anda melakukan aktivitas browsing di Internet, termasuk download.
  • DNS Cache, Domain Name System yaitu jaringan komputer lalu lintas internet. Fungsi ini juga memiliki cache yang besar.

Cara Menghapus Cache di Windows

Tanpa Software (Fitur Run)

Cara pertama membersihkan cache yakni tanpa menggunakan bantuan software. Cara menghapus cache Windows yang dimaksud adalah memanfaatkan fitur Run (%temp%and temp). Fitur ini memungkinkan anda membersihkan cache dengan masuk ke folder temporary Windows. Folder temporary Windows sendiri berisi file-file sementara termasuk cache, cookies, history, dan lain-lain.

Berikut adalah langkah-langkah membersihkan cache menggunakan fitur Run:

  • Pastikan Anda dalam keadaan membuka desktop komputer Anda.
  • Kemudian klik tombol kombinasi shortcut Windows + R untuk membuka Run. Cara lain untuk menuju Run juga bisa dilakukan dengan klik tombol Start, lalu ketik Run, setelah masuk Run lalu ketik temp
  • Setelah terbuka jendela Run, lalu ketik perintah %temp%, Enter
  • Maka anda akan menuju folder temporary yang biasanya terletak di C: Windows> Temp. Setelah itu anda bisa membersihkan file-file dan folder sementara tersebut dengan menghapusnya.
Cara Mengahpus Cache di Windos
  • Selesai, anda telah membersihkan Cache yang ada di PC atau laptop Anda.

Baca Juga: Kelebihan Windows 10

Dengan Windows Disk Cleanup

Cara kedua membersihkan cache membutuhkan bantuan sebuah aplikasi atau software. Aplikasi yang dimaksud adalah Windows Disk Cleanup, yang merupakan aplikasi bawaan Windows. Sama halnya dengan fungsi Run, Windows Disk Cleanup juga berfungsi untuk membersihkan file sementara. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membersihkan cache lewat Windows Disk Cleanup:

Tinggalkan komentar