Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Apa Itu Aplikasi Bawaan?

“Bloatware” atau aplikasi bawaan adalah nama panggilan untuk perangkat lunak yang sudah diinstal sebelumnya pada ponsel. Biasanya ada dua set; suite perangkat lunak yang diinstal oleh pabrikan, dan perangkat lunak yang diinstal oleh penyedia jaringan Anda.

Bloatware dapat berkisar dari aplikasi yang berpotensi bermanfaat seperti aplikasi standar seperti Visual Voicemail hingga aplikasi yang tidak Anda inginkan, seperti layanan streaming atau aplikasi pelacakan langkah. Bahkan mungkin ada aplikasi yang bahkan tidak akan Anda sadari sampai ditunjukkan kepada Anda, seperti “skin” khusus pada Android yang menyesuaikan cara kerja ponsel Anda.

Mungkin juga aplikasi atau konten yang dibayar oleh pihak ketiga, seperti layanan musik, untuk pra-instal di ponsel Anda. Dalam beberapa kasus, bloatware sangat menjengkelkan; Anda bisa mengabaikannya. Dalam kasus lain, ini dapat menyebabkan sinyal Wi-Fi Anda, baterai, dan sumber daya lainnya berjalan bahkan jika Anda tidak membuka aplikasi.

Jika ponsel Anda melambat atau terkuras dengan cepat, Anda mungkin menemukan menghapus atau menonaktifkan bloatware akan memulihkan telepon Anda. Namun, dalam kasus lain, itu bisa berbahaya. Bloatware telah terbukti menawarkan celah keamanan yang berpotensi memungkinkan peretas mengambil alih berbagai bagian ponsel Anda atau bahkan sepenuhnya mengunci Anda dari itu.

Dan itu semakin buruk: Meskipun beberapa bloatware dapat dihapus menggunakan proses sederhana, tipe-tipe lain akan menolak untuk dihapus dan dalam beberapa kasus bahkan menolak untuk dinonaktifkan. Jadi bagaimana Anda menyingkirkannya?

Baca Juga: Cara Menggunakan VPN

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Melalui Aplikasi Pengaturan

  1. Pertama, Anda harus melihat berapa banyak bloatware dapat dihapus.
  2. Buka aplikasi Pengaturan Anda, pilih tab Umum, dan pilih Aplikasi dan Pemberitahuan.
  3. Ketuk aplikasi bloatware yang aktif. Di bagian atas akan ada dua tombol, Uninstall dan Force Stop. Tombol-tombol akan menyala jika aktif, dan abu-abu jika tidak dapat digunakan. Tekan Uninstall untuk menghapusnya. Aplikasi yang tidak dapat Anda hapus akan diberi label Disable atau tombol Uninstall diklik.

Melalui Google Play Store

Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan aplikasi pengaturan, Anda juga dapat menghapus instalan aplikasi melalui Google Play Store.

  1. Buka Google Play Store dan buka menu. Ketuk Aplikasi & Game Saya lalu Instal. Ini akan membuka menu aplikasi yang diinstal di ponsel Anda. Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus dan itu akan membawa Anda ke halaman aplikasi itu di Google Play Store. Ketuk Hapus.
  2. Nonaktifkan Bloatware Dan Aplikasi Pra-Instal Lainnya

Jika Anda tidak akan menggunakan aplikasi, Anda dapat membatasi risiko celah keamanan dengan menonaktifkan aplikasi ini. Menonaktifkan aplikasi berarti aplikasi itu tidak akan berjalan, tidak dapat “dibangunkan” secara otomatis oleh aplikasi lain, dan juga mematikan proses latar belakang apa pun yang mungkin dilakukan oleh aplikasi tersebut.

  1. Copot semua pembaruan dari aplikasi melalui Google Play store, menggunakan instruksi di atas.
  2. Masuk ke aplikasi Pengaturan, dan arahkan ke menu Aplikasi & Pemberitahuan, ketuk aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan.
  3. Ketuk Izin dan nonaktifkan semua izin. Ini akan menjaga aplikasi sejalan jika Anda dipaksa untuk mengaktifkannya nanti.
  4. Ketuk tombol Nonaktifkan. Anda akan menerima peringatan bahwa menonaktifkan aplikasi dapat memengaruhi fungsi aplikasi lain. Jarang menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda gunakan akan berdampak pada penggunaan ponsel Anda sehari-hari, tetapi itu bukan tidak mungkin. Tekan OK dan aplikasi akan dinonaktifkan.

Pada Smartphone Samsung

Untuk menghapus bloatware dari smartphone Samsung, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga berbayar yang disebut Package Disabler Pro ($ 3,49) dari Play Store yang dapat menghapus instalan bloatware dalam beberapa langkah sederhana. Aplikasi ini adalah proses yang sangat mudah dan tidak tergantung dengan PC.

Namun, aplikasi menggunakan hak istimewa Administrator Perangkat untuk mencopot aplikasi, yang merupakan izin yang sangat sensitif untuk diberikan. Jika Anda merasa nyaman dengan pemberian izin, Anda dapat melanjutkan dan menggunakan metode ini, atau Anda dapat menggunakan metode sebelumnya yang sudah dijelaskan.

Baca Juga: Cara Menampilkan layar Android di PC

  1. Unduh Package Disabler Pro + ($ 3,49) dari Play Store dan instal.
  2. Sekarang, cukup pilih aplikasi dengan mengetuk kotak centang dan mereka akan dinonaktifkan. Untuk mengonfirmasi perubahan, cukup ketuk bagian Dinonaktifkan di bawah ini untuk melihat semua aplikasi yang dinonaktifkan. Demikian pula, Anda dapat menghapus centang pada kotak untuk mengaktifkannya.
  3. Anda mungkin menemukan proses menonaktifkan bloatware memakan waktu, jadi ada peretasan rapi yang menonaktifkan semua bloatware menggunakan file XML. Pengguna XDA, BAYmustafa96, telah menyusun semua aplikasi yang terapung dalam file XML yang aman untuk dinonaktifkan. Anda dapat mengunduh file XML dan mengimpor ke aplikasi.
  4. Cukup ketuk menu tiga titik dan buka opsi ‘Impor dari XML‘. Setelah itu, ketuk Pilih dan gulir ke bawah ke folder Unduh. Buka dan Anda akan menemukan file XML yang Anda unduh. Sekarang, pilih file XML dan ketuk Impor.

Tinggalkan komentar