cara mengaktifkan bluetooth di laptop
Komputer

5 Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Mudah dan Cepat

Bluetooth memiliki banyak kegunaan, selain sebagai alat transfer data bloetooth juga bisa dihunakan sebagai alat untuk menyambungkan laptop dengan perangkat lain seperti mouse, keyboard, speaker dll.

Kemudian bagaiamana cara mengaktifkan bluetooth di laptop? Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi terkait bagaimana cara mengaktifkan bluetooth pada laptop dengan mudah.

5 Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop

Melalui Dongle USB Bluetooth

Apa itu Dongle USB Bluetooth? Dongle USB Bluetooth adalah sebuah alat receiver yang ditancapkan di Laptop untuk menerima sinyal Bluetooth dari perangkat lain. Menggunakan Dongle biasanya dilakukan bila laptop tidak memiliki fitur Bluetooth bawaan. Untuk mengaktifkannya, simak caranya berikut ini:

  1. Dapatkan perangkat Dongle USB Bluetooth di toko accessories laptop atau komputer, Atau membeli online.
  2. Tancapkan adaptor Dongle ke laptop Anda. Carilah port USB yang kosong dan tidak digunakan untuk mencolokkan USB lain.
  3. Maka akan otomatis terinstal dan Dongle bisa digunakan memancarkan Bluetooth. Bila tidak, install driver jika disertakan saat pembelian, atau dapatkan driver dengan mencarinya di internet.
  4. Sampai di sini Anda sudah mengaktifkan Bluetooth di Laptop menggunakan Dongle. Untuk menyambungkan dengan perangkat Bluetooth lain, Anda harus memasangkannya (pair)
  5. Misalnya, untuk memasangkan mouse Bluetooth, pertama nyalakan Bluetooth pada mouse tersebut
  6. Lalu klk menu start, pilih logo Windows pada pojok kiri bawah
  7. Pilib settings atau pengaturan, lalu klik Devices
  8. Lalu Tambahkan Bluetooth, klik Add Bluetooth or other device
  9. Pada jenedela add device, klik Bluetooth
  10. Lalu akan muncul perangkat Bluetooth yang ingin disambungkan, dalam hal ini nama perangkat mouse Bluetooth
  11. Klik Pair
  12. Selesai.

Baca Juga: Cara Cek Laptop

Dengan Cara Install Driver

Selanjutnya, bila Laptop Anda sudah support Bluetooth, maka Anda hanya perlu menginstal drivernya untuk mengaktifkan Bluetooth. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Biasanya driver berupa CD/DVD yang didapatkan saat Anda membeli laptop pertama kali.
  2. Masukkan CD atau DVD tersebut di laptop Anda, lalu install perangkat bluetoothnya.
  3. Jika Anda kehilangan CD atau DVD Driver Bluetooth bawan tersebut, And abisa mendownloadnya melalui situs resmi Merk laptop Anda. Lalu lakukan penginstalan driver
  4. Atau cara lain, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Driver Pack. Pada aplikasi Driver Pack ini ada banyak driver untuk fitur-fitur tertentu.
  5. Selesai.

Melalui Device Manager

Bila Anda telah menginstal driver Bluetooth sementara laptop Anda belum bisa mengaktifkan Bluetooth, kemungkinan Anda perlu mengaktifkan melalui Device Manager, Untuk melakukan hal tersebut, simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Device Manager dengan menekan tombol ikon Windows dan X pada keyboard. Aatau Anda juga bisa menekan Start menu, lalu masukkan kata Device Manager pada kolom pencarian, lalu klik hasil poencarian Device Manager
  2. Lalu pada jendela Device Manager, klik menu Bluetooth
  3. Pilih perangkat Bluetooth, klik kanan, aktifkan Bluetooth, pilih opsi enable device
  4. Sebaliknya bila ingin menonaktifkan fitur Bluetooth, pilih disable device
  5. Selesai.

Menggunakan Tombol Fn

Cara lain untuk mengaktifkkan Bluetooth di laptop adalah dengan memanfaatkan kombinasi tombol Fn di keyboard. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Laptop biasanya dilengkapi fitur Bluetooth yang sudah ada dan tidak perlu diaktifkan melalui driver.
  2. Nah tugas Anda sebagai pemilik adalah mencari tahu bagaimana caranya untuk mengaktifkan fitur tersebut, Kombinasi tombol Fn dengan tombol lain di keyboard biasanya menjadi cara mengaktifkan Bluetooth.
  3. Pada umumnya, kombinaasi Fn adalah dengan salah satu tombol F1 sampai F12 yang ada di bagian atas keyboard. Hal ini dikarenakan pada setiap merk laptop berbeda-beda kombinasi fungsi tombol Fn.
  4. Lihat di antara tombol F1 hingga F12 apakah ada ikon Bluetooth. Jika Ada maka tekan  tombol itu bersamaan dengan Fn. Misalnya, pada laptop Anda, untuk mengaktifkkan Bluetooth adalah kombinasi Fn+F5.
  5. Kemudian akan muncul notifikasi Bluetooth telah aktif, maka fitur Bluetooth sudah bisa digunakan.
  6. Selesai.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Wifi Di Laptop

Dengan System Tray

Fitur Bluetooth pada Laptop juga bisa diaktifkan melalui system tray yang berada di taskbar menu bagian bawah. Untuk mengaktifkannya, perhatikan langkah berikut ini:

  1. Arahkan kursor Anda ke taskbar yang ada di bawah saat Laptop Anda dalam posisi desktop aktif.
  2. Cek apakah ada ikon Bluetooth di sana, jika ada maka klik kanan ikon tersebut.
  3. Lalu pilih “Add a Bluetooth Device” untuk menambahkan perangkat yang ingin disambungkan
  4. Klik “Show Device” untuk menampilkan status Bluetooth apakag terhubung dengan perangkat lain.
  5. Untuk menghubungkan, lakukan proses pairing antara laptop Anda dengan perangkat lain yang menggunakan Bluetooth. Misalnya untuk menghubungkan speaker Bluetooth, pasangkan laptop Anda dan speaker tersebut untuk bisa mengeluarkan output suara di speaker tersebut.
  6. Sama halnya, untuk berkirim file menggunakan Bluetooth, juga harus dipasangkan laptop dan perangkat, misalnya HP Anda. Setelah terhubung, barulah Anda bisa mengirimkan file dari laptop ke HP atau sebaliknya.

Demikian cara mengaktifkan bluetooth pada perangkat laptop Anda, semoga bermanfaat.

Ahmad Fahmi

Ahmad Fahmi sudah mulai menulis di blog sejak 2016. Alumni Wearnes Education Center Jurusan Informatika. Memiliki minat di dunia Teknologi sejak SMA khususnya pada Komputer, Windows, Android dan yang berkaitan dengan Internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *