cara mempercepat windows 10
Komputer

7 Cara Mempercepat Windows 10 Sangat Mudah (Dengan Gambar)

Lancar dan tanpa hambatan multitasking dalam menjalankan aplikasi pasti menjadi keinginan setiap pengguna komputer. Namun kenyataan tidak mesti seperti itu, kadang kita temui komputer lambat saat booting bahkan saat menjalankan Aplikasi.

Kali ini kami akan berbagi trik dan tips bagaiaman cara mempercepat kinerja windows 10 agar Anda semakin produktif.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Ada dua cara untuk mempercepat windows 10, yang pertama melalui hardware (perangkat keras) dan kedua melalui software (mengatur windows itu sendiri)

Hardware

Dalam menjalankan windows 10 minimum spesifikasi hardware yang harus Anda penuhi setidaknya berikut:

  • Processor: 1 gigahertz (GHz)
  • Harddisk kosong : 16GB untuk 32-bit OS atau 20GB untuk 64-bit OS.
  • RAM: 2GB
  • Graphics ard: DirectX 9

Perlu digaris bawahi bahwa spesifikasi hardware di atas adalah minimum yang artinya untuk mendapatkan performa yang kencang Anda musti melakukan Upgrade.

Saran kami untuk memperoleh kecepatan yang signifikan ketika menjalankan Windows 10, Hardware yang perlu Anda upgrade terlebih dahulu adalah Harddisk (HDD) menjadi SSD. Mengapa HDD terlebih dahulu ya disamping kecepatan membaca data berkali-kali lipat dibandingkan HDD, harga SSD sekarang sudah murah.

Silahkan anda menonton video berikut mengenai mengenai komparasi antara HDD dengan SSD.

SSD vs HDD

Baru setelahnya Anda bisa ugrade ke hardware lain seperti Processor dan RAM.

Software

Nah cara berikut merupakan cara mempercepat windows 10 yang tidak perlu biaya alias gratis. Pada dasarnya cara ini tujuannya untuk mematikan atau menonaktifkan beberapa aplikasi atau fitur yang tidak berguna yang bisa memberatkan kinerja Windows 10.

Berikut beberapa cara tersebut.

Nonaktifkan Background Apps

Background Apps merupakan aplikasi yang berjalan terus menerus meskipun Anda tidak membukanya. Tentu Background Apps ini memakan kapasitas RAM dan Prosesor Anda. Dengan mematikan Background Apps harapannya agar windows berfokus menjalankan Aplikasi yang anda inginkan saja.

  • Anda dapat melihat Background Apps pada Task Manager dengan menekan klik kanan pada Taskbar dan memilih Task Manager.
  • Untuk Mematikan Bacground Apps, Anda bisa masuk ke Setting dan ketikkan Background Apps pada search bar, kemudian pilih Background Apps.
Background Apps
  • Perhatikan gambar di atas, Anda bisa mematikan Aplikasi yang tidak penting dengan menggser tobol dari On ke Off.

Mematikan Aplikasi Startup

Tanpa Anda sadari ada beberapa aplikasi yang otomatis berjalan saat komputer Anda nyalakan. Tentu aplikasi tersebut akan memperlambat proses booting Windows Anda.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang otomatis berjalan saat Anda menyalakan komputer Anda dapat melihatnya dengan cara Masuk di Task Manager kemudian pilih pada tab Startup.

disable startup Apps in task manager

Cara Mematikannya cukup mudah saja anda tinggal klik kanan pada aplikasi yang ingin dimatikan saat startup kemudian pilih disable.

mematikan startup apps

Untuk mengaktifjannta kembali sangat mudah tinggal Anda pilih Enable.

Uninstall Apikasi yang Tak Berguna

Cara ini tergolong ampuh untuk mengurangi beban pada windows 10 Anda. Anda dapat menghasup atau mencopot aplikasi yang tidak Anda butuhkan di dalam komputer Anda. Jika kondisi HDD anda dalam keadaan lega cara ini tidak begitu ngaruh, tapi jika kapasita HDD Anda sudah habis, cara ini sangat bisa membantu mengoptimalkan windows 10 Anda.

Cara uninstall aplikasi ini cukup mudah.

  • Silahkan Anda masuk ke Control Panel
  • Pilih Programs dan Uninstall Program.
  • Klik Kanan pada aplikasi yang ingin Anda hapus/ uninstall kemudian pilih Uninstall. Silahkan tunggu prpses pencoptannya.

Matikan Update Windows

Tanpa disadari ternya proses update windows 10 dapat memperlambat kinerja windows 10, salah satu cara mempercepat windows 10 adalah dengan mematikan update tersebut.

Untuk cara mematikan update windows 10 secara mudah dan aman sudah kami bahas secara khusus di Cara Mematikan Update Window 10, silahkan Anda pelajari.

Defragment Disk

Saat kita melakukan aktifitas pada windows, Windows akan mengambil data dari dalam harddisk. Dan ketikan melakukan save document atau apapun itu windows akan menyimpannnya pada HDD. nah disinilah perlu adanya defragment disk, karena windows menyimpan file kita secara acak pada sector HDD kita yang kosong.

Fungsi dari Disk Defragment ini untuk menata file file yang berserakan dalam HDD agar terususn rapi. Sehingga akan mempercepat kinerja Windows saat mengakses file.

Cara Disk Defragment sangat mudah.

Pertama silahkan masuk File Explorer, kemudian Klik Kanan pada Salah Satu Drive dan pilih Properties

Selanjutnya Anda pilih tab Tools perhatikan kolom Optimize and Dfragment Drive kemudian pilih Optimize.

Silahkan klik Analyze kemudian Optimize.

Fitur Disk Defragment ini hanya bisa dilakukan Jika Drive Anda menggunakan HDD bukan SSD.

Mematikan Visual Effect

Salah satu cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan akselerasi windows 10 untuk membukan aplikasi adalah dengan mematika efek visual. Efek visual sebenarnya bertujuan untuk mempercentik user interface pada sistem operasi windows Anda.

Cara ini bisa Anda praktikkan jika spesifikasi hardware Anda pas-pasan dan menginginkan performa lebih pada komputer Anda.

Baca Juga: Cara Cek IMEI HP Android / iPhone dan Validasi di Kemenperin

Caranya cukup simple

  • Tekan tombol Windows+R kemudian ketiikan :

SystemPropertiesAdvanced

  • Kemudian pilih Advanced dan pilih Settings
  • Matikan Visaual Effect yang dirasa tidak perlu dengan menghapus centang.
Ahmad Fahmi

Ahmad Fahmi sudah mulai menulis di blog sejak 2016. Alumni Wearnes Education Center Jurusan Informatika. Memiliki minat di dunia Teknologi sejak SMA khususnya pada Komputer, Windows, Android dan yang berkaitan dengan Internet.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *