Cara Install Windows 10

Windows 10 merupakan sitem operasi besutan Microsoft yang paling banyak digunakan oleh komputer saat ini. Windows 10 merupakan penerus dari sistem operasi sebelumnya yakni Windows 8. Pada kesempatan kali ini kami ingin mebahas bagaimana cara install Windows 10 dengan aman dan mudah.

Masih kami temui banyak diantara kita yang belum bisa melakukan instalasi Windows 10 ketika laptop komputer mengalami error pada sisi software. Padahal sangat mudah sekali melakukan instalasi sistem operasi ini jika sudah mengerti langkah langkahnya.

Cara Install Ulang Windows 10 Dengan DVD atau Flashdisk

Persiapan Install Windows 10

Sebelum Anda melakukan intalasi Windows 10 pada perangkat komputer atau laptop Anda. Anda harus memastikan dahulu beberapa hal berikut, pastikan semuanya terpenuhi

Spesifikasi Hardware

Berikut adalah spesifikasi minimum perangkat (laptop & komputer) yang harus Anda dipenuhi:

  • Processor 1 Ghz
  • 1 GB RAM untuk 32-bit dan 2GB RAM untuk 64-bit
  • 16 GB Ruang HDD Kosong
  • Grapichs Card : DirectX 9

Spesifikasi diatas adalah minimum agar windows 10 dapat berjalan dengan normal.

Batery yang Cukup

Selanjutnya adalah sebelum Anda melakukan Instalasi pastikan batery laptop Anda dalam keadaan penuh karena proses instalasi yang cukup memakan waktu ( tergantung hardware juga, semakin tinggi spesifikasi semakin cepat pula ).

Jika kondisi batery laptop anda dalam keadaan kurang sehat anda bisa melakukan instalasi sambil di mencolokkan di listrik. Ini penting kami sampaikan agar proses install bisa berjalan sebagaimana mestinya.

CD Windows 10 atau Bootable Flashdisk Windows 10

Install Windows Via DVD dan Flashdisk

Hal wajib terkhir yang harus Anda siapkan adalah DVD Installer Windows 10 atau Bootable Flashdisk. Instalasi Windows 10 bisa dilakukan dengan 2 cara yakni melalui DVD dan Juga melalui flashdisk.

Jika Anda melakukan instalasi melaui DVD Windows 10 tentunya Anda harus memastikan bahwa laptop atau komputer Anda memilki DVD ROM. Karena mustahil bisa di install windows 10 via DVD kalau DVD ROM tidak ada pada perangkat Anda.

Nah jika laptop atau komputer Anda tidak memilki DVD ROM pilihannya adalah melalui Flashdisk.

Instalasi melalui Flashdisk merupakan cara yang paling mudah dan banyak digunakan saat ini. Yang harus Anda lakukan jika install Windows 10 dengan flashdisk adalah membuat Bootable Flasdisk.

Bagaimana cara membuatnya? Kami telah membahas secara khusus pada artikel kami yang berjudul Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10.

Setting BIOS

Setelah Anda siapkan beberapa hal di atas sekarang anda bisa melakukan Instalasi Windows 10 pada perangkat Anda. Seperti yang telah kami singgung di atas ada dua cara Install Windows 10 yakni melalui DVD dan Flashdisk.

  • Masukkan DVD Windows 10 pada DVD ROM atau Flashdisk Bootable pada pot USB.
  • Masuk ke BIOS untuk mengatur boot priority, untuk masuk ke BIOS Anda bisa menekan tombol DEL secara berulang kali setelah anda menekan tombol Power, setiap perangkat berbeda tidak musti tobol DEL ada yang melalui tombol F1, F2 dll.
Setting bios
  • Setelah masuk ke menu BIOS silahkan masuk ke tab Boot, caranya dengan menekan tombol arah kanan pada keyboard, kemudian atur CD-ROM Driver agar terletak pad urutan paling atas, cara mengaturnya dengan menekan tombol ( )atau (+) di keyboard. Jika Anda melakukan instalasi windows 10 dengan Flashdisk maka yang menjadi priority adalah Volume Flashdisk Anda (Volume Bootabel Flashdisk).
  • Simpan Pengaturan dan Restart, caranya Anda tinggal menekan tombol F10 kemudian Enter.

Proses Install (Ulang) Windows 10

1. Setelah boot priority selesai disetting silahkan masukkan DVD Intaller Windows 10 Anda pada DVD ROM atau Flashdisk Bootable Windows 10 pada perangkat Anda . Kemudian nyalakan PC atau laptop Anda. jika muncul seperti di bawah silahkan anda tekan tombol terserah pada keyboard Anda. Tunggu hingga loading selesai.

2. Silahkan anda tentukan opsi Time and currency format menjadi Indonesia, untuk settingan lainnya biarkan default.

3. Tahap berikutnya silahkan Anda pilih, Install Now

4. Pilih I accept the license term dan pilih Next

5. Akan muncul dua pilihan yakni Upgrade dan Custom, Silhkan Anda pilih Custom dan ikuti cara partisi HDD pada video di bawah

Perhatikan video dibawah jangan sampai salah menghapus drive sehingga file-file Anda hilang.

cara melakukan partisi hardisk

6. Tunggu hingga proses intalasi selesai, Proses ini cukup memakan waktu. Cepat atau lambatnya proses ini sangat dipengaruhi oleh spesifikasi hardware yang Anda gunakan. Jika komputer Anda memili spesifikasi yang tinggi tentu akan lebih cepat begitu pula sebaliknya.

7. Perangkat Anda akan melakukan beberapa kali restart secara otomatis, yang harus Anda lakukan tetap tenang. Tunggu hingga proses selesai dan cabut Flashdisk Anda jika Anda melakukan instalasi dengan Flashdisk.

8. Setelah proses di atas selesai akan muncul form berikut. Silahkan Anda pilih sesui dengan lokasi yakni Indonesia.

9. Kemudian pilih tampilan keybord yang umum digunakan yakni US. Dan ketika muncul second layout silahkan anda abaikan saja dengan memilih Skip.

10. Setelah itu akan muncul beberapa settingan akun microsoft secara online, untuk mempermudah silahkan skip saja langkah tersebut samapai muncul pilihan membuat Nama User dan Password. Silahkan Anda atur sesuai dengan keinginan Anda.

11. Jika sudah muncul tampilan desktop Windows 10 maka proses install Windows 10 telah selesai

Hal Penting Setelah Instal Ulang Windows 10

Setelah Windows 10 berhasil terinstall di PC atau Laptop Anda ada beberapa hal lagi yang musti Anda lakukan

Pertama, mengembalikan lagi boot priority pada BIOS menjadikan HDD tempat Windows 10 menjadi yang utama. Untuk caranya kurang lebih sama dengan yang dijelaskan di atas.

Kedua, melakukan Aktifasi pada Windows 10 Anda, ya ini penting dilakukan karena windows 10 hanya aktif semua fiturnya beberapa hari saja. Untuk menikmati semua fiturnya Anda harus melakukan aktifasi, bagaimana cara aktifasi Windows 10? Kami telah membahas secara khusus pada artikel kami Cara Aktifasi Windows 10.

Ketiga, melakukan instalasi software yang penting untuk mendukung prokdutifitas Anda seperti software office, driver, dan laiinya. Daftar software atau aplikasi bisa Anda lihat di Daftar Software Wajib di Install.

Keempat, jika Anda tipikal user yang malas ketika ada notifikasi Update Windows mungkin karena kuota internet terbatas, atau menggangu aktifitas Anda, Anda bisa mengikuti panduan Bagaimana Cara Mematikan Update Windows 10 . Ini opsional saja, jika Anda tidak terganggu dengan hal itu sebaikany tetap dinyalakan.

Tinggalkan komentar