cara hard reset samsung
Android

4 Cara Hard Reset Samsung Galaxy Semua Tipe - Winfixer

Apa Itu Hard Reset?

Hard reset merupakan sebuah penghapusan data yang dilakukan pada perangkat Android. Cara ini memungkinkan Hp untuk kembali seperti setelan pabrik, baik dari segi aplikasi, data, ataupun file yang Anda tambahkan. Data-data tersebut secara otomatis terhapus saat Anda melakukan hard reset pada smartphone tersebut.

Umumnya hard reset dilakukan dengan berbagai tujuan seperti memperbaiki error, lupa sandi, hingga kebutuhan penting lainnya. Setiap smartphone mempunyai cara hard reset masing-masing, misalnya saja smartphone Samsung yang bisa hard reset dalam berbagai cara.

[powerkit_toc title=”Cara Cara Hard Reset Hp Samsung” depth=”1″ min_count=”2″]

Hard Reset Hp Samsung Melalui Menu Pengaturan

Hampir semua smartphone yang ada di saat ini bisa melakukan hard reset, salah satunya adalah dengan melalui menu pengaturan. Pada Hp Samsung sendiri, Anda bisa melakukan hard reset ini melalui menu pengaturan dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama, masuklah pada menu pengaturan atau setting pada Hp Samsung Anda, kemudian scroll ke bagian backup and reset.
  • Selanjutnya, Anda pilih Manajemen Umum.
  • Pilih Reset.
  • Ada beberapa pilihan yakni:
  1. Reset Pengaturan: Melakukan reset hanya pada pengaturan hp Samsung Anda.
  2. Reset Pengaturan Jaringan: Melakukan reset hanya pada pengaturan jaringan seperti Wi-Fi, Bluetooth dan Pengaturan jaringan lainnya.
  3. Reset Pengaturan Aksesbilitas: Mengembalikan pengaturan aksesbilitas menjadi default
  4. Reset Data Pabrik: Nah untuk pilihan ini merupakan pilihan untuk menghapus secara menyeluruh semua data yang ada di hp samsung Anda. Memilih opsi ini data seperti Aplikasi, Foto, Video dll yang berada di memori internal Anda akan terhapus dan hp samsung Anda akan kembali seperti awal Anda beli.

Baca Juga: Cara Screenshoot Hp SAmsung

  • Silahkan Anda pilih reset yang seperti apa yang Anda inginkan. Kemudian jika sudah tampil form seperti gambar dibawah silahkan pilih Reset.
  • Tunggu beberapa saat dan Hp Samsung akan menghapus semua data yang ada, lalu secara otomatis Hp Samsung akan melakukan restrart dan kembali ke setelan pabrikan.

Note: *Letak menu hard reset tidak mesti selalu berada di Manajemen Umum, karena pasti ada perbedaan antara ponsel Samsung lama dan baru.

Hard Reset Hp Samsung dengan Kode USSD

Selain menggunakan menu pengaturan dalam samrtphone Samsung, Anda juga bisa menggunakan kode USSD untuk melakukan hard reset tersebut. Cara ini cenderung lebih cepat dan mudah dilakukan, berikut ini adalah cara melakukan hard reset dengan menggunakan kode USSD:

  • Sebelum melakukan hard reset ini, pastikan smartphone masih mempunyai baterai lebih dari 50%. Selain itu data-data penting sudah Anda backup dan simpan di perangkat yang berbeda.
  • Selanjutnya, masuklah ke menu panggilan atau telepon di Hp Samsung Anda, lalu ketikan kode khusus *2767*3855#.
  • Kemudian klik tombol call dan secara otomatis Hp Samsung akan melakukan reset.
  • Terakhir tunggu proses reset hingga selesai, setelah itu lakukan restart dan Hp Samsung akan kembali ke setelan seperti awal lagi.

Note: *Cara di atas mungkin tidak support semua hp Samsung

Hard Reset Hp Samsung Menggunakan Recovery Mode

Cara hard reset yang paling sering dilakukan ialah dengan menggunakan tombol shortcut, dalam bahasa teknisnya biasa disebut juga dengan Recovery Mode. Agar Hp Samsung Anda dapat masuk ke dalam mode tersebut, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan Hp Samsung Anda mempunyai baterai di atas 70% dan data penting sudah Anda backup.
  • Matikan hp Samsung Anda kemudian Tekan tombol home, power, dan volume secara bersamaan.

Untuk Hp Samsung keluaran baru seperti S8, S9 yang tidak memiliki home button, cara masuk recovery mode dengan menekan secara bersamaan (Power + Vol Up + Bixby Button)

  • Selanjutnya akan muncul menu recovery mode, dimana di dalamnya terdapat banyak opsi atau pilihan.
  • Pilihlah menu factory reset atau wipe data menggunakan tombol volume, lalu klik start dengan tombol home pada smartphone Samsung Anda.
Gunakan tombol Vol Up, Vol Down dan Power untuk navigasi pada recovery mode
  • Tunggu hingga proses selesai dan akan muncul tap bertuliskan “Reboot Now”, klik tombol tersebut dan tunggu hingga reset selesai dilakukan.
  • Terakhir periksalah Hp Samsung Anda, bila proses reset berhasil maka semua aplikasi dan data yang ada akan kembali seperti saat Anda membeli Hp Samsung tersebut.

Note: *Lakukan dengan seksama, jika ragu gunakan cara lain. Karena jika ada kesalahan, cara ini beresiko bootlop pada hp Samsung Anda.

Hard Reset Hp Samsung Menggunakan Komputer

Apabila Hp Samsung Anda mengalami error, lupa sandi, atau kerusakan lainnya. Maka Anda bisa melakukan hard reset menggunakan komputer, cara ini bisa dilakukan apabila Anda sudah tidak dapat melakukan reset menggunakan cara biasa. Berikut adalah cara hard reset menggunakan komputer:

Baca Juga: Cara Cek Imei Hp Samsung

  • Siapkan terlebih dahulu software yang dibutuhkan, yaitu Frp Hijacker dan Drive Samsung.
  • Ekstrak dan instal kedua aplikasi ini di PC yang Anda miliki, lalu restart komputer agar aplikasi bisa terpasang dan berjalan dengan baik.
  • Kemudian masuklah ke software Drive All Samsung, disini Anda hanya perlu masuk dan minimize agar ia berjalan di latar belakang.
  • Di samping itu bukalah software satunya yang bernama Frp Hijacker, di dalamnya pilihlah folder yang bernama Frp Hijacker by Hagard. Klik kanan dan tap run as administrator hingga muncul menu utamanya.
  • Selanjutnya hubungkan komputer dengan Hp Samsung menggunakan kabel USB, di kanan atas aplikasi Frp Hijacker terdapat sebuah menu scan. Klik menu scan tersebut dan otomatis Hp Samsung Anda akan terhubung dengan aplikasi Frp Hijacker.
  • Lalu carilah jenis Hp Samsung Anda di kolom select your device, setelah itu masuklah ke menu ADB Operation.
  • Tarik atau scroll ke bawah hingga muncul menu factory reset, klik menu tersebut dan tunggu hingga proses dilakukan.
  • Terakhir tunggu proses reset Hp Samsung hingga selesai, lalu Anda bisa melepaskan kabel USB apabila smartphone sudah Anda hidupkan dan reset telah berhasil dilakukan.

Ahmad Fahmi

Ahmad Fahmi sudah mulai menulis di blog sejak 2016. Alumni Wearnes Education Center Jurusan Informatika. Memiliki minat di dunia Teknologi sejak SMA khususnya pada Komputer, Windows, Android dan yang berkaitan dengan Internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *